by

Tips awet muda

Dari keriput hingga kebutuhan mendadak untuk kacamata baca, tidak ada yang kebal terhadap efek penuaan. Namun, beberapa dari kita tampaknya menua lebih cepat daripada yang lain, dan para ahli berusaha memahami alasannya. Banyak ilmuwan sekarang mengacu pada dua usia kita: usia lahir dan usia tubuh kita. Faktor gaya hidup seperti pola makan yang buruk, kurang aktivitas, tidur yang tidak menentu, dan stres yang tinggi diduga berpotensi mempercepat proses penuaan tubuh kita. Tapi seberapa besar kendali kita?

Untuk mempelajari penuaan tubuh, para ilmuwan di Inggris mendirikan laboratorium unik, yang ditampilkan dalam serangkaian film dokumenter tentang umur panjang dari The Passionate Eye.

Para peneliti menemukan sukarelawan yang merasa mereka menua terlalu cepat dan menguji mereka dari ujung kepala hingga ujung kaki untuk mengetahui faktor risiko termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol dan lemak tubuh, serta kekuatan otot yang buruk dan kebugaran seluruh tubuh. Tes ini menentukan usia tubuh sebenarnya dari peserta dan beberapa perubahan yang perlu mereka lakukan untuk memperlambat, atau bahkan membalikkan proses penuaan tubuh mereka.

Otot menyimpan banyak asam amino, bahan penyusun organ dan jaringan kita. Ketika kita jatuh sakit atau melukai diri kita sendiri, tubuh kita bergantung pada asam amino tersebut untuk sembuh dengan benar. Tapi seiring bertambahnya usia, kita mulai kehilangan massa otot, sebanyak tiga hingga lima persen setiap dekade setelah usia 30. Dengan massa otot yang lebih sedikit, kita menjadi lebih lemah dan berisiko lebih besar untuk jatuh dan patah tulang yang serius.

“Kadar massa otot yang rendah di usia tua dikaitkan dengan kematian dini,” kata Leigh Breen, pakar metabolisme otot dan dosen di University of Birmingham. Jadi jika kita tidak merawat otot kita, mereka tidak dapat merawat kita.

Untuk memperlambat proses penuaan tubuh, mulailah memompa sejumlah zat besi. Anda tidak harus menjadi binaragawan seperti Arnold Schwarzenegger; beberapa pelatihan ketahanan dasar adalah semua yang Anda butuhkan. “Latihan ketahanan… sangat penting untuk menjaga massa dan kekuatan otot di usia tua,” kata Breen. Para ahli merekomendasikan untuk fokus pada otot kaki karena mereka paling bertanggung jawab untuk gerakan.

Anda dapat memasukkan latihan ketahanan ke dalam latihan Anda dengan menggunakan beban ringan atau mesin di gym, atau mencoba melakukan latihan beban tubuh sederhana – seperti squat, step-up, dan push-up – di rumah.

Tingkatkan detak jantung Anda

Seiring bertambahnya usia, arteri kita bisa mulai menegang, dan tekanan darah tinggi menjadi lebih umum. Risiko kita terkena penyakit jantung juga meningkat seiring bertambahnya usia. Tetapi tindakan tertentu dapat membantu mengimbangi risiko ini.

Salah satu hal terbaik yang harus dilakukan untuk memastikan jantung yang lebih sehat adalah dengan tetap aktif. Sering jalan-jalan adalah salah satu cara untuk terus bergerak, tetapi para ahli menyarankan untuk melakukan aktivitas yang meningkatkan detak jantung Anda setidaknya selama 150 menit per minggu.

Pilih olahraga yang Anda sukai. Tidak suka jogging? Cobalah berenang, melakukan pekerjaan pekarangan, atau mengikuti kelas dansa – aktivitas apa pun yang membuat Anda bergerak, meningkatkan detak jantung, dan membuat Anda merasa nyaman akan berkontribusi pada gaya hidup sehat dan membantu jantung Anda.

 

Tidur malam yang nyenyak membuat mental Anda tetap tajam, dapat mengurangi risiko penyakit jantung, hipertensi, dan depresi, serta membuat Anda terlihat lebih muda. Anda mungkin berpikir “Sempurna! Saya menghabiskan begitu banyak waktu di tempat tidur sehingga saya akan hidup selamanya! ” Namun pakar tidur Kevin Morgan, seorang profesor di Loughborough University, mengatakan ini lebih rumit dari itu: Agar tetap sehat, Anda perlu tidur “secara efisien”.

“Tidur adalah periode di mana proses tertentu berlangsung yang membantu memulihkan keausan, baik di tubuh kita maupun di otak kita,” kata Morgan. “Kami harus memberi mereka kesempatan untuk bekerja. Ini sangat penting untuk penuaan yang sehat. ”

Morgan memberi tahu pasien yang menderita tidur tidak menentu untuk menghilangkan gangguan seperti TV dari kamar tidur, yang dapat mengajari Anda untuk tetap terjaga di tempat tidur. Aturan tidur yang ketat juga dapat membantu. Coba tunggu hingga tengah malam untuk tidur dan setel alarm Anda untuk jam 6 pagi – tidak boleh tertidur! Membatasi waktu Anda di tempat tidur akan membuat Anda lebih mengantuk dan mendorong Anda untuk tidur lebih nyenyak dan efisien saat waktu tidur tiba.

 

Sangat mudah untuk jatuh ke dalam kebiasaan makan yang buruk dengan semua makanan asin, berlemak, dan bergula yang tersedia bagi kita. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa beberapa perubahan sederhana dapat membuat Anda kembali ke jalur yang benar.

Alih-alih daging olahan, makanlah protein yang lebih sehat, seperti telur, ikan, kacang-kacangan atau yogurt, sepanjang hari untuk menutrisi otot Anda yang menua. Ganti keripik kentang dengan kacang-kacangan, tinggi serat dan lemak tak jenuh tunggal, untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Dan yang terpenting, tambahkan berbagai makanan berwarna ke dalam diet Anda.

“Makanan segar, tidak diproses dan berwarna-warni… bekerja sama untuk melindungi tubuh Anda dari hal-hal yang membuat Anda terlalu cepat menua,” kata Paula Moynihan, seorang profesor nutrisi yang telah bekerja dengan Organisasi Kesehatan Dunia. Sayuran seperti bayam dan tom

ato, misalnya, kaya akan karotenoid, antioksidan yang dapat membantu melindungi dari penuaan. Jenis makanan ini juga dapat “membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, dan penyakit lainnya,” kata Moynihan.

Belajar sesuatu yang baru
Tidak ada kata terlambat untuk memulai hobi baru atau belajar bahasa baru. Padahal, menurut para ahli, hal itu bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan otak kita untuk memproses informasi dapat menurun jika kita tidak cukup menggunakannya, sama seperti otot kita yang melemah jika kita tidak melenturkannya. Untuk menjaga agar kapasitas kognitif kita tetap tajam, kita perlu melatih otak kita.

Saat kami memproses informasi yang tidak dikenal, koneksi baru – atau jalur saraf – dibuat di antara sel-sel otak. Ini membangun “plastisitas otak” dan meningkatkan kemampuan kita untuk menangani informasi lama dan baru. Permainan otak seperti teka-teki silang dan teka-teki dapat meningkatkan memori kerja, tetapi penelitian menunjukkan bahwa permainan itu mungkin tidak meningkatkan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Kelas keterampilan atau bahasa yang menantang terbukti memiliki efek yang lebih baik secara keseluruhan dan dalam jangka panjang.

Intinya, untuk penuaan otak yang sehat, jangan pernah berhenti belajar!

Kurangi stres Anda
Ketika kita sedang stres, tingkat adrenalin kita meningkat, detak jantung kita menjadi lebih cepat dan pembuluh darah kita mengerut, mendorong tekanan darah kita meningkat. Jika level tersebut tetap tinggi atau membutuhkan waktu lama untuk kembali normal, kesehatan tubuh kita dapat terpengaruh secara negatif.

“Beberapa orang menunjukkan pemulihan yang sangat cepat… [untuk] orang lain, tanggapannya bertahan selama beberapa menit atau bahkan berjam-jam,” kata Andrew Steptoe, seorang peneliti penuaan dan profesor di University College London. “Kami pikir itu adalah jenis respons yang sangat bermasalah yang dapat berkontribusi pada risiko kesehatan dan penuaan.” Secara khusus, stres kronis dapat menyebabkan penyakit jantung, merusak ingatan dan menyebabkan penambahan berat badan. Tapi Anda bisa mengambil langkah untuk melawannya.

Orang yang bugar secara fisik cenderung pulih lebih cepat dari tekanan mental, kata Steptoe, yang berarti olahraga mungkin menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah efek stres. Ini juga menghasilkan endorfin, yang secara alami mengurangi kecemasan dan membuat kita merasa baik.

Atau, cobalah mindfulness – teknik meditasi yang mendorong peserta untuk menyadari pikiran dan perasaan mereka sambil berfokus pada lingkungan sekitarnya (berfokus pada masa kini, alih-alih mengkhawatirkan masa depan atau masa lalu). Kesadaran telah terbukti meningkatkan kesejahteraan mental, dapat mengubah cara Anda bereaksi terhadap peristiwa negatif, dan bahkan dapat memengaruhi cara tubuh Anda bereaksi terhadap stres pada tingkat genetik. Hanya 10 menit sehari dapat membantu mengurangi tingkat stres secara keseluruhan.

Makan lebih sedikit gula untuk kulit yang lebih muda
Meskipun penting untuk menjaga apa yang terjadi di dalam tubuh kita seiring bertambahnya usia, itu tidak berarti kita harus melupakan bagian luar – dan bagaimana hal itu membuat kita terlihat dan merasa.

Penuaan kulit adalah sesuatu yang kita semua alami, karena komposisinya berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Kulit kita mengandung kolagen dan elastin, yang memberikan struktur dan elastisitas, tetapi menghasilkan lebih sedikit kolagen dan kehilangan elastisitas seiring bertambahnya usia. Hal ini menyebabkan keriput dan kulit kendur, beberapa tanda pertama tubuh yang menua.

Menurut Mark Birch-Machin, profesor dermatologi molekuler di Newcastle University, kelebihan glukosa dapat merusak struktur kolagen. “[Dengan] gula darah tinggi dalam tubuh Anda… pada dasarnya, struktur kulit Anda mulai berubah. Ini menjadi keadaan yang lebih tertekan dan sebenarnya meningkatkan jumlah kerusakan yang Anda miliki pada sel-sel kulit. ”

Untuk mengurangi efek ini, batasi makanan manis dan pilih pilihan sehat seperti tomat yang dimasak, yang mengandung likopen, antioksidan yang dianggap melindungi kulit dari kerusakan DNA dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Dan, tentunya selalu pakai tabir surya dan batasi paparan sinar matahari dalam waktu lama untuk mencegah kerusakan sel kulit yang bisa mengakibatkan penyakit dan penuaan dini pada kulit.


Anda membutuhkan jasa pembuatan website ? segera saja kontak lawang techno, lejitkan omset usaha anda dengan website dan rasakan ledakan profit bisnis anda

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed